Kadis PLH Sulsel Harap HPSN Momentum Makin Peduli dengan Tertib Sampah

Kadis PLH Sulsel Harap HPSN Momentum Makin Peduli dengan Tertib Sampah
Foto (arsip red.)

INDONESIA SATU:

MAKASSAR - Kepala Dinas PLH Sulsel, Ir. Andi Hasdullah mengatakan bahwa HPSN (Hari Peduli Sampah Nasional) yang diperingati setiap tahun adalah bentuk kepedulian untuk tidak henti hentinya mengingatkan kepada semua pihak akan perlunya terus menerus melakukan sinergi bagaimana menghadirkan tertib sampah di lingkungan kita masing - masing.

Dia mengatakan edukasi dan ajakan terutama kepada  masyarakat tidak boleh berhenti untuk menghadirkan prilaku bersih menyikapi volume sampah yang juga makin bertambah seiring populasi penduduk yang juga makin bertambah.

Menurutnya, Sumber produksi sampah adalah sampah rumah tangga sehingga strategi untuk tertib sampah diperlukan melakukan pengurangan disumber bagaimana melakukan pemilahan ditingkat rumah tangga dengan cara 3 R reduce, reuse, recicle.

"Hal ini yang belum efektif berjalan, sehingga berdasarkan pengalaman bagi daerah yang berhasil pemilahan 3R, Itu ditangani dengan pendekatan skop wilayah yang kecil yaitu diperlukan peran serta kontrol dari  RT dan RW tingkat pemerintahan yang paling bawah", Urai Hasdullah 

"Pemilahan pertama dirumah tangga dan selanjutkan pemilahan berikutnya di level RT/RW dengan  penyediaan sapras dan tim pengelola, Jadi tinggal residu sampah yang dibuang di TPA", Jelas Dia

Dalam rangka memperingati puncak hari peduli sampah nasional HPSN tahun 2021 pada tanggal 21/02/2021, Dimana HPSN kali ini mengambil tema "Sampah bahan baku ekonomi dimasa pandemi" yang menekankan adanya perubahan persepsi dalam mengelola sampah yaitu dari persepsi sampah sebagai bahan yang kotor dan tidak berguna berubah sampah menjadi bahan yang berguna dan bernilai ekonomi misalnya sampah menjadi pupuk organik, sampah plastik dapat dijual di Bank sampah serta selanjutnya sampah dapat diolah menjadi energi yang berguna bagi kehidupan masyarakat.

"Tentu kita berharap HPSN 2021 ini dapat menjadi momentum semua pihak untuk bangkit untuk makin peduli dengan tertib sampah disekitar kita", Ujar Hasdullah.

Mantan Kadis Kominfo yang saat ini dipercaya Gubernur Nurdin Abdullah untuk menahkodai DPLH provinsi,  menyebut bahwa disamping tata kelola di hulu tersebut kita juga menekankan penanganan sampah di hilir 

Dia menjelaskan di TPA yang terkelola dengan baik oleh satgas buat sanitary dan control landfill bahkan diharapkan dapat di hadirkan industri pengolohan sampah menjadi energi waste to energi dengan standar teknogi yang diperlukan.

"Begitu pula terhadap sumber produksi sampah lainnya ada petugas yang ditunjuk bertanggung jawab seperti claster pasar, terminal dan lain sebagainya", Lanjut Dia.

"Selamat HPSN 2021" Ucapnya.(*)

Makassar Sulsel
Ryawan Saiyed

Ryawan Saiyed

Previous Article

Reuni Virtual, JK dan NA Harap Lulusan FISIP...

Next Article

Gubernur Sulsel Pastikan 26 Pebruari 2021...

Related Posts

Peringkat

Profle

Satria Ferry Sonarya verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 43

Postingan Tahun ini: 148

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 41

Postingan Tahun ini: 497

Registered: Sep 22, 2020

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 34

Postingan Tahun ini: 239

Registered: Sep 22, 2020

Amelia Rizky

Amelia Rizky

Postingan Bulan ini: 19

Postingan Tahun ini: 152

Registered: Oct 1, 2020

Profle

Suhardi

Gelar Aksi Demo di PLTA, Meski Tidak Diakui Oleh Depati 4 Alam Kerinci, Ujung Kerajaan Pagaruyung Ngotot Campur Urusan Adat 
Cuaca Ekstrim, BPBD Luwu Timur Himbau Warga Waspada
PLN Rayon Timur Palangka Raya Putus Jaringan Listrik Warga Seperti Debt Collector
PLTA Kerinci Akhirnya Membayar Denda Adat ke Rencong Telang Pulau Sangkar
banner

Follow Us

Recommended Posts

Coffe Morning, Kapolres Bantaeng Gelar Diskusi Ringan Terkait Presisi
Jelang Musda Golkar, Aktivis Support Wakil Wali Kota Palopo 
Silaturahmi Kabareskrim Polri dengan Menkumham, Ini yang Dibahas
Tony Rosyid: Mengapa Presiden Cabut Perpres Miras?
Mabes Polri Resmi Luncurkan Polisi Virtual