Silaturahmi, Gubernur Nurdin Abdullah Sambut Kakanwil DJPb Kemenkeu RI Sulsel Baru

Silaturahmi, Gubernur Nurdin Abdullah Sambut Kakanwil DJPb Kemenkeu RI Sulsel Baru

INDONESIA SATU:

MAKASSAR - Gubernur Sulawesi-Selatan Prof. HM Nurdin Abdullah menerima kunjungan silaturahmi Kepala Wilayah (Kakanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kemenkeu RI Sulsel yang baru, Syaiful di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Senin, 22 Februari 2021. 

Syaiful mengantikan Kakanwil DJPb Suslel yang lama, Sudarmanto.

"Pertama sebagai warga baru, sebagai tamu orang timur izin masuk. Jadi kalau kita datang, 'Harus nampak muka/Pulang harus nampak punggung/', " sebut dengan pantun pria asal Riau ini.

Pertemuan ini disebutmya penting dilakukan di awal tahun. Dalam tata kelola anggaran dibutuh support dan dukungan dari Gubernur  sebagai pimpinan di Sulawesi Selatan. Baik itu, terkait dengan tata kelola untuk transfer ke daerah dan dana desa. 

"Ini dalam rangka menumbuhkembangkan ekonomi desa dan mendukung program percepat pemulihan ekonomi, " sebutnya.

Dukungan lain juga dalam penanganan Covid-19 serta pengembangan UMKM. Terutama yang betul-betul terpengaruh dan terdampak.

Dengan kondisi covid ini, sehingga dukungan ini penting untuk mencarikan sumber-sumber pembiayaan baru bagi UMKM. 

Dukungan gubernur juga dibutuhkan terkait vaksinasi tahap ketiga bagi penyelenggara layanan publik,  khususnya di sektor pemerintahan, termasuk di Kanwil DJBp.

"Hal-hal itu tadi yang kita diskusikan dengan beliau. Sehingga beliau mendukung penuh upaya awal ini. Sehingga tata kelola keuangan itu betul-betul bisa berjalan dengan baik gitu, " ungkapnya.

Syaiful menyampaikan, dari hal tersebut, Gubernur menekankan upaya mencarikan sumber pembiayaan bagi UMKM. Di DJPb untuk hal ini memiliki Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah. Kegiatannya menyalurkan bantuan bagi usaha kecil, menengah, dan mikro. Di mana selama ini masih disalurkan melalui PNM dan Pegadaian serta Bona Ventura. 

"Saya sampaikan ke beliau, kita bisa support untuk dilakukan pembiayaan. Mungkin melalui koperasi yang bisa kita bentuk di Sulawesi Selatan, " sebutnya.  

Ia melanjutkan terkait kondisi penyaluran Dana Desa di Sulsel. Untuk tahun 2000 realisasi mencapai 95 persen. Sedangkan yang sekarang sampai dengan Februari 2021 penyaluran dana desa mendekati angka 9 persen.

Itu terhambat karena dari penetapan APBD-APBDS yang terlambat dari masing-masing pemerintah daerah. Sehingga, Ia meminta gubernur mendorong percepatan itu.

"Kita berharap akhir triwulan 1 ini bisa pada posisi 25-30 persen. Batas akhir triwulan satu pada bulan April, " tegasnya.

Sedangkan, terkait dana transfer ke daerah di Sulsel. Dinilainya, posisinya bagus, dibandingkan tahun sebelumnya cukup besar dan meningkat. 

"Alokasi dana ke transfer daerah khususnya Dana Fisik dan Dana Desa tahun ini lebih kurang Rp 30, 1 triliun di Sulsel, " jelasnya.

Sedangkan, kendala penentuan BLT bagi masyarakat yang memang terdampak Covid-19 pada data penerima. 

"Apalagi ketika kita bicara data, kadang turun naik. Kalau ngak fix penentuan jumlahnya bisa jadi hambatan, " ujarnya.

Sedangkan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah optimis capaian target di bulan April untuk penyaluran Dana Desa triwulan 1 sebesar 25-30 persen dapat tercapai. Jika kendala pada pengesahan APBD Desa yang tidak terhambat.

"Kuncinya penegasan ke bupati. Jadi kalau bupati memiliki konsentrasi, saya kira tidak sulit untuk pengesahan APBD. Apalagi sudah jelas programnya. Insyaallah bisa menembus angka ini. Dan jangan lupa ini masa pandemi, " tegasnya.(***)

Sulsel
Ryawan Saiyed

Ryawan Saiyed

Previous Article

Gubernur Sulsel Apel Siaga, BMKG Sulsel:...

Next Article

Pimpinan Korps Adhyaksa Sulsel Berganti,...

Related Posts

Peringkat

Profle

Satria Ferry Sonarya verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 43

Postingan Tahun ini: 148

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 41

Postingan Tahun ini: 497

Registered: Sep 22, 2020

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 34

Postingan Tahun ini: 239

Registered: Sep 22, 2020

Amelia Rizky

Amelia Rizky

Postingan Bulan ini: 19

Postingan Tahun ini: 152

Registered: Oct 1, 2020

Profle

Suhardi

Gelar Aksi Demo di PLTA, Meski Tidak Diakui Oleh Depati 4 Alam Kerinci, Ujung Kerajaan Pagaruyung Ngotot Campur Urusan Adat 
Cuaca Ekstrim, BPBD Luwu Timur Himbau Warga Waspada
PLN Rayon Timur Palangka Raya Putus Jaringan Listrik Warga Seperti Debt Collector
PLTA Kerinci Akhirnya Membayar Denda Adat ke Rencong Telang Pulau Sangkar
banner

Follow Us

Recommended Posts

Coffe Morning, Kapolres Bantaeng Gelar Diskusi Ringan Terkait Presisi
Jelang Musda Golkar, Aktivis Support Wakil Wali Kota Palopo 
Silaturahmi Kabareskrim Polri dengan Menkumham, Ini yang Dibahas
Tony Rosyid: Mengapa Presiden Cabut Perpres Miras?
Mabes Polri Resmi Luncurkan Polisi Virtual